Friday, May 25, 2007

Norimaki ....Nyam...!!!

Sensei gua di tempat les bahasa Jepang ngundang ke rumahnya makan siang habis pulang les. Senseinya baik dan ramah banget, namanya Mariko Kobayashi (まりこ小林). Rumahnya juga bagus, rapi dan ada detail2 ornamen yang bikin nyaman hehehe.
Di rumah sensei kita diajarin bikin Norimaki (sushi gulung) dan Inari Sushi. Ternyata gampang juga buatnya. Setelah tau bahan2nya gua coba praktek sendiri di rumah. Suami juga diajak praktek hahaha, kan tinggal di Jepang setidaknya kan bisa bikin makanan ala Jepang dong. Bahan-bahan untuk isiannya tinggal beli di supermarket seperti kyuri, kani (kepiting2an), Atsuyaki Tamago (seperti telor dadar gitu), tuna kaleng dan juga Nori (rumput laut). Terus masak nasi seperti biasa, nah nasinya ini pas masi panas gitu ditaburi vinegar powder supaya nasinya jadi mengkilat dan terasa manis-manis gitu. Ini gua baru tau klo ada vinegar powder, makane klo makan sushi kan nasi nya ada rasa2 gitu.

Sushinoko - Vinegar powder

Gara-gara bikin norimaki ini juga baru tau kalau ternyata vinegar itu bisa bikin nasi gak lengket di tangan. Biasanya klo orang bikin sushi kan nasinya dibentuk-bentuk pake tangan, nah supaya gak lengket di tangan, tangan kita kita kasi vinegar dulu. Klo disini sih bilangnya "Osu".

Osu

Kalau Inari Sushi itu kulit tahu yang di dalamnya dikasi nasi. Kalau di Indonesia kan ada tahu isi, klo disini ada Inari Sushi. Kulit tahunya tinggal beli di supermarket, dah matang tinggal di microwave terus nasinya dimasukkin dah. Rasanya manis-manis gitu, enak pokoknya.

Norimaki - Inari Sushi

Hahaha yang besar-besar dan jelek itu bikinannya Sin ^-^ Klo punya gua yang kecil-kecil dan rapi hehehehe. Biasanya maem ini sambil minum ocha (japanese tea) atau bisa juga buat bekal makan siang (bento).

3 comments:

Anonymous said...

Ping blajar masak chicken teriyaki donk, kamu tau iki-sui yang di vida itu? hau jek sen cing ping, sapa tau di jepang sana ada jual bumbu jadinya

Pink_Piglet said...

Gak pernah makan di situ sih. Nanti deh klo aku pulang kita maem bareng disana. Aku pernah sih coba bikin dari buku resep masakan jepang, saus teriyaki nya bikin sendiri. Rasanya....yah karena buatan sendiri sih enak aja hehehe. Gua buatin deh nanti. Reuni di rumahe sapa gitu sambil tak masakin makanan jepang hehehe.

Anonymous said...

waaa ... promise is a promise ... tapi bentar...bentar suruh sapa dulu test rasa saus teriyaki buatanmu ya hahahaha....