Tuesday, May 15, 2007

生け花 (IKEBANA)

Sekarang gua lagi kursus bahasa Jepang di Kohoku International Lounge. Di lounge itu juga sering diadakan acara pertukaran budaya dari negara2 lain dan juga orang2 asing diperkenalkan dengan budaya Jepang. Macam2 course kadang diadakan sebulan sekali, misalnya 茶道 (upacara minum teh ala Jepang), 生け花 (seni merangkai bunga), 折り紙 (seni melipat kertas), dll.
Nah gua mencoba ikut Ikebana Course. Pertamanya sih kurang minat ya, kirain cuma merangkai bunga gitu2 aja, tapi gua diajak ikutan sama temen gua yang dari Korsel akhirnya ikut deh.

Ternyata seni merangkai bunga ala Jepang itu bukan hanya sekedar merangkai bunga di dalam pot. Sensei yang ngajarin sebelumnya menjelaskan asal usul nya Ikebana. Ternyata Ikebana itu asalnya adalah tradisi mempersembahkan bunga di kuil Buddha di Jepang. Dan ada bermacam-macam style ikebana! Yang diajarin ke gua sih style Moribana style. Moribana style ikebana yang banyak dipengaruhi seni merangkai bunga dari Barat, bunga dirangkai dengan mencucukkan tangkai bunga pada Kenzan (landasan berduri tajam).
Tapi yang pasti bentuk-bentuk dalam Ikebana didasarkan tiga titik yang mewakili langit, bumi dan manusia. Susah lo ternyata, apalagi senseinya ngomong cuepet, pake bahasa Jepang lagi ! Tambah puyeng deh. Setelah berkutat 1 jam akhirnya jadi juge rangkaian bunga gua hehehe.

Kayake rangkaian gua kurang Balance dan kebanyakan bunga hehehe. Ada punyanya orang Bule bagus lo, cowok lagi. Aduh jadi malu...kok cowok lebih pinter. Nih dia karyanya orang Bule itu.
Abis semua dah selesai, kita masing2 foto dengan hasil karya sendiri hehehe. Ini gua foto ama temen Korea namanya Yom Hee In. Liat tuh bunga gua kok penuh gitu dibading punyanya Yom-san hehehe, kata suami gua rangkaian bunga gua jelek hahahaha.

Terakhir semua foto bareng Sensei yang ngajar Ikebana, Sensei nya yang di sebelah kanan yang di tengah (pake baju coklat).

1 comment:

Sin said...

Dua-duanya sama jeleknya tuh, hahaha.