Friday, June 29, 2007

My Yukata !!!

Selasa lalu akhirnya pergi beli yukata ama temen2 les, Gu Hai Ying dari China, Pam dari Thailand dan Kobayashi sensei. Dari tempat les kita ke Shin Yokohama, disana ada departemen store namanya Prince Pepe. Di sana ada Uni-Qlo, brand baju yang jual Yukata dengan harga yang lumayan. Mestinya di Hiyoshi juga ada sih, cuma yang di Shin Yokohama lebih besar dan lebih deket dari tempat les.
Yukatanya itu udah satu set dapet Yukata, Obi, Himo (benang, klo mau pake yukata harus ada benang minimal 2 buah buat ngiket), dan tas kecil. Semuanya itu 3990 yen. Klo sandal kayunya (Geta) beli lagi terpisah harganya 1000 yen. Jadi klo di total abis 5000 yen lah.
Milih2 gitu bingung juga, awalnya pengen warna hitam seperti di foto ini, tapi sensei bilang biasanya kan pake yukata liat kembang apinya malam hari. Klo hitam kan jadi gelap gak keliatan. Harus cari warna yang cerah supaya keliatan.
Dan lagi menurut Sensei motif bunga seperti itu keliatan bukan seperti Yukata. Keliatan seperti kainnya baju biasa, soale itu new fashion. Kesannya katanya kurang tradisional pattern, kurang khas Yukata jepang. Akhirnya gua pilih yang warna ungu muda, dengan bunga kecil2 gitu.
My Yukata

Pertamanya keliatan biasa aja, ehh baru dipake dan difoto jadi keliatan bagus banget difoto. Gua diajarin cara pakenya ama Sensei, abis beli kita semua pergi ke rumah Sensei latihan. Susah juga klo mesti pake sendiri, dan menurut gua harus punya cermin panjang baru bisa. Ukuran Yukata itu free size, jadi orang yg pendek dan tinggi bisa pake. Untuk orang yang pendek supaya ga kepanjangan ya harus dilipat lebih banyak daripada orang yang tinggi.

Yang susah lagi itu ngiket Obi nya. Pertama2 kita harus ngiket dari depan dan membuat bentuk Obinya. Habis itu baru diputer bawa ke belakang. Nah supaya tetep rapi itu yang susah hehehe. Ini hasil ikatan Obinya Gu Hai Yin, bagus kan ? Padahal baru diajarin sekali lo.

Katanya Sensei harus latihan lagi cara pakenya supaya ga lupa. Oh ya klo pake Yukata atau Kimono itu harus hati2 lo. Jangan sampai kebalik pas numpuk kerahnya itu. Biasanya yang kanan ada di bawah yang kiri. Klo kebalik artinya kita lagi berkabung. So harus hati-hati.

from left Gu Hai Yin,Pam,Kobayashi Sensei, me

Klo ini Geta, alias sandal kayu khas Jepang. Geta ini ya free size juga. Katanya sensei sih gpp klo misalnya kaki lu lebih besar, nonjol dikit kakinya gpp katanya. Tapi untung kaki gua pas nih. Kaki orang Jepang kan kecil2 soalnya.

Yukata dah punya, cara pake dah bisa meski kurang2 rapi gitu hehehe. Tinggal nunggu ada orang yang ngajak liat kembang api aja nih. Sampe sekarang belum ada yang ngajakin tuh ! HUH !!

5 comments:

Anonymous said...

waaa ... so cute !!! kalo geta nya berapa duit ping ? btw, di sana jual kokeishi (sorry kalo salah namanya) harganya rata2 berapa ya? bisa nitip kamu kalo pas balik sini :D

Sin said...

Yee, kan udah kuajak. Emang mengharapkan ajakan orang lain ya?

Anonymous said...

kurang jelas kali sin ajakanmu, ato ping2 masih mempertimbangkan ajakan orang lain :D

Pink_Piglet said...

Geta nya itu 1000 yen. Klo boneka Kokeshi itu ga tau berapaan. Gak pernah spesial cari sih. Tapi pernah liat yang sejenis di Kamakura (gak tau itu Kokeshi apa bukan), mahal juga lo, kira2 bisa sampe 3000 yen. Coba klo aku ketemu, tak liat2in harganya. Aku kayake kurang hunting barang2 tradisional Jepang nih, abis gak tau dimana tempatnya ^-^

Pink_Piglet said...

Iya ajakannya kurang jelas, tanggal berapa, jam berapa, dimana ?? hehehe :D